Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waktu Olahraga Yang Baik Dalam Seminggu

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, banyak orang yang bingung tentang berapa lama dan berapa kali sebaiknya berolahraga dalam seminggu. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, artikel ini akan memberikan beberapa informasi yang dapat membantu Anda menentukan waktu olahraga yang baik dalam seminggu.
Berapa Lama Olahraga yang Diperlukan?

Waktu Olahraga Yang Baik Dalam Seminggu

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), durasi olahraga yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah setidaknya 150 – 300 menit per minggu dengan intensitas sedang. Hal ini berarti Anda bisa melakukannya selama 30 menit hingga 1 jam per hari.

Intensitas sedang adalah tingkat aktivitas fisik yang membuat Anda bernapas lebih cepat dan jantung berdetak lebih kencang, tetapi masih bisa berbicara dengan nyaman. Contoh olahraga dengan intensitas sedang adalah berjalan cepat, bersepeda, berenang, atau menari.

Jika Anda ingin meningkatkan intensitas olahraga Anda menjadi tinggi, yaitu tingkat aktivitas fisik yang membuat Anda bernapas sangat cepat dan jantung berdetak sangat kencang, sehingga sulit untuk berbicara, Anda bisa mengurangi durasi olahraga menjadi 75 – 150 menit per minggu. Hal ini berarti Anda bisa melakukannya selama 25 menit hingga 50 menit per hari.

Intensitas tinggi adalah tingkat aktivitas fisik yang membuat Anda berkeringat banyak dan merasa lelah. Contoh olahraga dengan intensitas tinggi adalah lari, angkat beban, aerobik, atau skipping.
Berapa Kali Olahraga dalam Seminggu?

Tidak Berolahraga Terlalu Berlebihan

Selain durasi, frekuensi olahraga juga penting untuk diperhatikan. Sebaiknya Anda tidak melakukan olahraga terlalu jarang atau terlalu sering, karena keduanya bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Olahraga terlalu jarang bisa membuat tubuh tidak mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dari olahraga, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga berat badan ideal, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan suasana hati.

Olahraga terlalu sering juga bisa menyebabkan tubuh kelelahan, cedera, stres, gangguan tidur, dan penurunan kinerja olahraga. Tubuh membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan diri dari aktivitas fisik yang dilakukan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan olahraga 3 – 5 kali dalam seminggu, dengan memberikan jeda istirahat minimal satu hari antara sesi olahraga. Jika Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, Anda bisa memberikan jeda istirahat lebih lama, misalnya dua hari.

Anda juga bisa memvariasikan jenis olahraga yang Anda lakukan untuk menghindari kebosanan dan mencegah cedera akibat gerakan yang monoton. Misalnya, Anda bisa melakukan olahraga kardio seperti lari atau bersepeda pada hari Senin, Rabu, dan Jumat, dan melakukan olahraga kekuatan seperti angkat beban atau yoga pada hari Selasa dan Kamis.
Kesimpulan

Waktu olahraga yang baik dalam seminggu tergantung pada intensitas dan frekuensi olahraga yang Anda lakukan. Secara umum, Anda disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 – 300 menit per minggu atau intensitas tinggi selama

Post a Comment for "Waktu Olahraga Yang Baik Dalam Seminggu"